Tinggalkan Kokpit dan Tidur di Kelas Bisnis, Pilot Pakistan Diskors

Bisnis

[ad_1]

ISLAMABAD, KOMPAS.com – Seorang pilot senior pada maskapai Pakistan International Airlines (PIA) diskors karena diduga membahayakan nyawa ratusan penumpang dalam sebuah penerbangan dari Islamabad ke London.

Kapten pilot Amir Akhtar Hashmi diskors karena pesawat yang seharusnya dia kendalikan justru diserahkan kepada seorang pengikut latihan pilot, sementara dia sendiri tidur pulas di kelas bisnis, demikian laporan Daily Mirror, Senin (8/5/2017).

Hashmi dituduh membahayakan nyawa penumpang dengan membiarkan seorang peserta pelatihan pilot (trainee pilot) mengendalikan jet penumpang PIA dari Islamabad ke London pada 26 April 2017.

Hasil investigasi internal PIA menguatkan dugaan bahwa ia telah mengabaikan tugasnya sebagai pilot senior dengan tidur selama dua setengah jam pada siang hari dalam penerbangan itu.

Baca: Pilot Mengantuk, Planet Venus Dikira Pesawat

Seorang penumpang, yang mengajukan sebuah keluhannya kepada maskai penerbangan tersebut, dengan menunjukkan foto sang pilot yang sedang tidur dan berbagi informasi di media sosial.

Hashmi diyakini telah menyerahkan kendali kemudi pesawat, yang membawa 305 penumpang, kepada peserta pelatihan pilot segera setelah lepas landas dari Islamabad ketika itu.

Juru bicara PIA, Danyal Gilani, mengatakan, Hashmi telah dipindahkan dari tugas menerbangkan pesawat ke bagian lain di darat karena penyelidikan masih sedang berjalan.

Menurut harian terbesar berbahasa Inggris di Pakistan, Dawn, PIA awalnya enggan bertindak terhadap Hashmi, mantan Presiden Asosiasi Pilot Pesawat Udara Pakistan (PALPA), “namun kemudian menyerah pada tekanan dari atas” – sepertinya tekanan dari otorisa lebih tinggi.

Hashmi bertugas mengoperasikan penerbangan menuju London dengan seorang first officer atau kopilot bernama Ali Hassan Yazdani.

Baca: “Penerbangan Hantu” Memicu Kepanikan, Dua Jet Tempur Pun Dikirim

Sang kopilot lainnya, Mohammad Asad Ali, yang sedang berada dalam massa pelatihan sebagai pilot, juga berada di kokpit, demikian Dawn melaporkan.

Namun, seorang penumpang melihat kapten pilot Hashmi sedang tidur pulas di kursi kelas bisnis, lalu mengajukan keluhan kepada seorang awal kabin.

Dalam sebuah laporan, pramugara Nazneen Haider mengatakan, “Penumpang (di kursi 1D) mengeluh saat kapten sedang tidur di kabin kelas bisnis, saya (penumpang) tidak merasa aman.”

“Sudah dijelaskan bahwa dua anggota awak lainnya ada di kokpit, tapi dia mengatakan akan meneruskan masalah ini dan juga menuliskan pengaduannya.”

Kejadian itu mengingatkan lagi musibah yang menimpa Air France pada tahun 2009.

Saat itu, kapten pilot jet Marc Dubois, surut dari ruang pilot menuju kabin untuk beristirahat senjenak setelah sempat tidur sejam sebelum penerbangan.

Baca: Banyak Pilot Sering Tertidur di Kokpit, Kenapa?

Dubois meninggalkan tugas pentingnya kepada seorang koordinatir pilot junior untuk mengendalikan pesawat.

Pierre-Cedric Bonin (32) dan kopilot David Robert (37) ternyata tidak dapat mengendalikan Airbus A330 setelah menabrak badai di Samudera Atlantik.

Pesawat itu akhirnya jatuh menikam lautan luas sehingga semua 228 orang di pesawat itu tewas.

http://assets.kompas.com/crop/0x0:795×530/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/02/01/11002224751.png,0,-0,1)/data/photo/2017/05/08/2191845234.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Kredit Wuling Jogja Termurah dan Banyak Bonus

Menggabungkan kelas pelatihan penjualan otomotif ini gratis untuk kredit wuling jogja mempromosikan profesionalisme melalui pendidikan. Pearson Toyota ingin membantu Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik pembiayaan dan sewa mobil tersedia. Selain itu, mobil sewa kami serta kendaraan bekas lain termasuk perusahaan sertifikat, 12/12 terbatas Powertrain garansi dan 12-bulan Unlimited Roadside Assistance …

Bisnis
Harga Cetak Kalender 2018 Termurah

harga cetak kalender 2018 ialah peranti penjualan yang luar biasa serta ekonomis, serta aturan sempurna buat membenarkan kalau merk kamu konsisten di depan klien kamu sepanjang tahun. tiap laman bulanan didesain buat pencetakan pada kertas skala warkat, tolak ukur. memakai percetakan ekonomis almanak buat bidang usaha almanak membikin amplop besar …

Bisnis
Gabung Grab, Jangkauan Bisnis Kudo Bakal Menggurita

[ad_1] Jakarta, CNN Indonesia — Setelah akuisisi oleh Grab rampung, Kudo menyebut skala bisnisnya berkembang pesat. Peran pengemudi Grab yang begitu banyak jadi salah satu alasan jangkauan Kudo lebih ‘menggurita’. CEO Kudo Albert Lucius menggambarkan perbedaan segmen pasar dengan Grab memperluas cengkeraman Kudo. Grab yang lebih terpusat di kota-kota primer …