Tips Berinvestasi di Reksa Dana Mandiri Walau Dalam Skala Kecil

Investasi

Duitkita.net– Ketika dihadapkan pada topik investasi beberapa orang kemungkinan masih menganggap bahwa investasi hanya berbentuk saham. Pemahaman yang kurang tepat tersebut wajib diluruskan, sebab investasi tidak hanya berbentuk kepemilikan saham pada sebuah perusahaan salah satunya Reksa Dana Mandiri. Sebelum beranjak lebih jauh tentang investasi ini sebaiknya anda perlu untuk mengetahui tentang investasi dan manfaatnya.

Investasi adalah perilaku seseorang maupun perusahaan untuk menggelontorkan sejumlah uang untuk disimpan dengan harapan akan memperoleh keuntungan secara financial suatu saat nanti. Investasi bisa berbentuk kepemilikan emas, asuransi tanah, perusahaan dll. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak informasi berikut.

 

Apa itu Reksa Dana Mandiri

Investasi ini merupakan wadah yang dipakai untuk mengumpulkan uang dari masyarakat sebagai investor untuk kemudian diinvestasikan dalam Portfolio Efek oleh MI (Manajer Investasi). Adapun jenis investasi ini diantaranya:

  1. Reksa Dana konvensional (biasa) investasi yang dapat dijual atau dibeli kembali oleh pemodal setiap waktu tergantung profil resiko, jangka waktu, dan tujuan investasi. Jenis investasi ini terdiri atas:
  2. Pasar uang: berinvestasi pada efek yang sifatnya utang dengan tempo tidak sampai 1 tahun.
  3. Saham: berinvestasi paling tidak 80% dari aktiva dalam efek bersifat ekuitas.
  4. Pendapatan tetap: berinvestasi paling tidak 80% dari aktiva yang berupa efek bersifat utang.
  5. Campuran : investasi pada efek bersifat utang dan ekuitas dengan perbandingan yang tidak tergolong investasi saham dan pendapatan tetap
  6. Reksa Dana Terstruktur investasi yang hanya bisa dibeli atau dijual kembali oleh pemodal pada saat tertentu yang ditetapkan oleh Manajer Investasi. Jenis investasi ini diantaranya:
  7. Penjaminan: investasi yang memberikan jaminan bahwa nasabah akan menerima paling tidak sebesar nilai investasi awal pada saat jatuh tempo selama terpenuhi persyaratannya.
  8. Indeks : investasi yang portofolionya terdiri dari efek sebagai bagian dari sekumpulan efek dari sebuah indeks sebagai acuannya.
  9. Terproteksi: investasi yang menghadirkan proteksi pada investasi awal nasabah lewat mekanisme pengelolaan portofolionya.

reksa dana mandiri

Fasilitas Transaksi Reksa Dana Mandiri

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada para investor atau pemodal, bentuk investasi ini menghadirkan fasilitas tambahan dalam rangka bertransaksi diantaranya:

  1. Monthly Dividen

Fasilitas ini untuk menghadirkan kemudaham kepada investor yang mempunyai produk investasi jenis Pasar Uang agar bisa secara otomatis melakukan penjualan kembali (automatically redemption) setiap bulannya atas unit penyertaannya.

  1. Installment Plan

Fasilitas yang menghadirkan kemudahan para nasabah yang membeli investasi ini secara berkala tanpa harus bertransaksi pembelian di Cabang.  Pada hari bursa rekening nasabah akan didebet sesuai tanggal dan jumlah yang sudah ditetapkan.

 

Tips berinvestasi di Reksa Dana Mandiri walau dalam skala kecil

Ada 5 tips ini wajib anda perhatikan saat memutuskan untuk menggelontorkan uang anda pada jenis investasi ini, diantaranya:

  1. Tujuan investasi (Investment Objective)

Sebaiknya anda memahami tujuan infestasi dan memilih pertumbuhan dana dan pendapatan uang yang nantinya hendak diinvestasikan.

  1. Profil resiko (Risk Profile)

Kenali potensi risiko dan potensi hasil dalam berinfestasi dengan catatan:

  1. Low risk-low return
  2. High risk-high return

     3. Jangka waktu (Time Horizon)

Pastikan jangka waktu yang diperlukan untuk menggapai tujuan berinvestasi.

  1. Periodic Review

Senantiasa memeriksa portfolio investasi anda secara berkala supaya bisa menetapkan strategi investasi untuk memelihara tingkat pengembalian yang diharapkan

  1. Alokasi asset (Asset Allocation)

Diversifikasi dalam berinvestasi untuk memperoleh keoptimalan dalam portofolio.

Dengan mengetahui tentang pengertian, fasilitas, dan tips di atas anda harus pintar dalam memilih jenis investasi yang cocok untuk anda. Pertimbangkan untuk berinvestasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Anda bisa memulai investasi dengan nominal kecil kemudian keuntungannya dapat dijadikan modal untuk membeli investasi yang bernilai sama atau lebih tinggi. Jangan memaksakan diri untuk menggelontorkan dana dengan skala nominal yang tinggi jika anda belum berpengalaman dalam berinvestasi.

 

 

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …

Investasi
Investasi Emas Kian Dilirik | Kaltim Post

[ad_1] PROKAL.CO, align=”left”>BALIKPAPAN –  Meningkatnya pemahaman masyarakat atas investasi emas, turut mendorong kinerja PT Pegadaian (Persero) Kanwil Balikpapan. Logam mulia ini pun menjadi salah satu fokus bisnis mereka tahun ini. Deputi Pemimpin PT Pegadaian Kanwil Balikpapan Firman Alghazali mengungkapkan, pihaknya akan berupaya meningkatkan saldo nasabah dalam produk Tabungan Emas. Berbeda …

Investasi
Terjang Inflasi dan Kokohkan Tabungan dengan Cara Ini : Okezone Ekonomi

[ad_1] INFLASI adalah suatu perubahan pada harga yang dipengaruhi oleh mekanisme pasar. Inflasi tidak akan mengurangi jumlah uang yang anda miliki, inflasi hanya akan memengaruhi nilai uang saja. Contohnya jika pada tahun 2005, uang Rp100 ribu mampu membeli 10 kg beras, pada tahun 2016, uang Rp100 ribu …