Tips Bisnis Kreatif Cristian Sugiono untuk Mahasiswa Palembang

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Palembang – Untuk keempat kalinya Cristian Sugiono menyambangi kota Palembang di tahun ini. Kali ini, kehadiran artis blasteran ini untuk membagikan tips creativepreneur ke para mahasiswa di Palembang.

Sebagai Founder & CEO MBDC Media, Christian Sugiono membagikan berbagai tips untuk menjadi enterpreuner kreatif di sektor information technology yang sedang digandrungi di Indonesia.

Menurut suami Titi Kamal ini, menjadi seorang entrepreneur di bidang IT harus mempunyai mentalitas yang kuat untuk membangun perusahaan dari awal. Salah satunya dengan menghadirkan produk yang mempunyai value added.

Tian, sapaan akrabnya, menceritakan awal mulanya dibangun malesbanget.com di tahun 2011. Di tahun itu, situs online hanya berisi tentang konten berita, sport, politik dan entertainment.

“Saya dan dua teman melihat pangsa pasar milenial yang menjanjikan. Lalu kami coba buka media online yang berisi konten hiburan. Modal awal saya hanya laptop dan uang Rp 50 Juta,” katanya saat menghadiri Seminar dan Talkshow Creativepreneur di Aula Kampus Universitas IGM (UIGM) Palembang, Rabu 27 September 2017.

Untuk membangun perusahaannya tersebut, mereka menggandeng beberapa investor lokal dan luar negeri. Kendati dalam tiga tahun berjalan, pendapatannya masih jauh dibanding jumlah investasi. Namun, mereka melihat pertumbuhan yang terus meningkat.

Di era digital, lanjutnya, masyarakat Indonesia sudah banyak menggunakan media online untuk mendapatkan informasi dan akan menjadi konsumsi secara kontinu. Inilah yang akan mengembangkan bisnis entrepreneur IT di Indonesia.

“Meningkatkan viewers, harus menampilkan konten yang bagus, tidak hanya informasi tulisan, tapi kita bermain juga di video. Traffiknya bisa tinggi dan harus tahu identifikasi medianya untuk kalangan mana,” ujar Cristian Sugiono.

Untuk membangun suatu usaha, Tian menyarankan agar bekerja sama dengan rekan yang membidangi skill yang berbeda-beda. Sehingga, untuk produksi, pemasaran dan pengelolaan keuangan bisa berjalan beriringan.

“Kendala membangun usaha pasti banyak, seperti regulasi pemerintah, legalitas hingga ketidakteraturan pengelolaan perusahaan,” ungkapnya.

Seminar yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini diikuti oleh pengusaha dan mahasiswa dari berbagai kampus di Sumsel. Para mahasiswa juga antusias untuk berfoto bersama Cristian Sugiono.

Saksikan video menarik di bawah ini: 

https://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1722504/big/075379500_1506523993-IMG_20170927_145039.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Ripcurl Kaos Distro Glory Tees Abu Hitam

Ada perkataan populer, kejarlah ilmu sampai ke Negeri China. Version kaos raglan polos ini memang sedang booming, biasa dipakai oleh anak muda untuk santai dan cling out, menggunakan bahan cotton. Memang tak dicekal jika toko baju membandrol pakaian ini dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya, …

Bisnis
Contoh Template Desain Kaos Baju Dan Desain T

Produk fashion distro (distributor outlet) merupakan yang paling banyak digandrungi anak muda. Karena selalu dijadikan sebagai grosir kaos distro murah 20 ribuan dengan harga murah dan berkualitas. Kualitas dari pesan kaos distro murah online di Bandung bukan hanya bisa dilihat dari bahannya, tetapi juga dari hasil sablonan untuk desain desain …

Bisnis
Kaos Distro Bert RVCALOHA Ukuran S,M,L,XL,2XL

Adalah toko online yang khusus jual kaos polos yang memberikan kemudahan belanja kaos polos bagi setiap pemilik usaha sablon, retail, organisasi, perkumpulan, dan masih banyak lainnya yang memerlukan kaos polos murah. Bahkan risiko penipuan juga dapat terjadi saat Anda tergiur pada online shop yang menawarkan harga lebih murah. Pakaian muslim …