Tips Investasi Properti Bagi Para Pemula

tips investasi
Investasi

Siapa saja pasti membutuhkan rencana keuangan yang baik untuk ke depannya. Baik itu muda maupun tua. Banyak media yang bisa dijadikan investasi di masa depan, salah satunya properti. Tips investasi properti pun beragam, dari nilai besar hingga kecil, namun sayang, tak ada tips yang memberikan perhatian penuh terhadap para pemula yang memiliki minat dan niat menyisihkan tabungannya untuk berinvestasi properti demi kondisi keuangan yang membaik ke depannya.

Mengapa harus properti? Ini karena investasi properti adalah investasi yang menawarkan kenaikan nilai juga pendapatan yang berulang tanpa akhir. Selain menjadi kebutuhan primer sebagai tempat bernaung, rumah juga bisa Anda jadikan investasi terbaik Anda di masa depan.

Tips Investasi yang Mudah

Sebelum memasuki tips untuk investasi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu dua jenis investasi properti, yakni;

  1. Investasi yang membutuhkan pengelolaan;
  2. Investasi yang tak membutuhkan pengelolaan.

Jika Anda pemula, dan ingin mencoba peruntungan di sini, maka pilihlah poin nomor dua yang tak membutuhkan pengelolaan. Tak membutuhkan pengelolaan di sini diartikan sebagai investasi yang membutuhkan pengelolaan sangat minim. Bukan berarti investasi yang Anda pilih benar-benar tak membutuhkan pengelolaan. Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah seperti: tanah kosong, rumah sewa atau juga apartemen sewa. Dari setiap tipe ini juga memiliki keuntungannya masing-masing;

  1. Tanah Kosong: melakukan investasi dalam tanah kosong menjadi hal yang paling umum dilakukan, baik itu pemula atau pun pemain senior. Ini mudah, karena tanah kosong ini nyaris tak memerlukan perawatan yang maksimal. Yang perlu Anda lakukan hanya lah membangun pagar yang layak, sehingga batas dari tanah Anda jelas dan tak diserobot oleh pihak lain yang berada di sekitar tanah Anda. Namun perlu Anda ketahui, bahwa investasi ini tak akan mendatangkan Anda keuntungan yang berulang, namun jika tanah tersebut berada di lokasi strategis, maka Anda bisa menyewakannya sebagai lahan pakir atau juga lainnya untuk mendatangkan keuntungan.
  2. Rumah Sewa: Jika Anda ingin mendatangkan keuntungan, maka Anda bisa memilih investasi menggunakan rumah sewa. Rumah yang Anda miliki akan Anda sewakan ke pemilik lain dengan imbalan uang sewa yang bisa Anda dapatkan per tahun atau per bulan. Namun Anda harus sering melakukan pengecekan pada rumah sewa Anda ini, karena biasanya rumah sewa akan lebih cepat kotor atau rusak jika penyewa rumah tersebut tak bertanggung jawab untuk memelihara rumah sewa Anda karena merasa tak memiliki rumah tersebut.
  3. Apartemen Sewa: Ini adalah jenis investasi yang juga menguntungkan, terutama ketika berada di apartemen yang berlokasi di dekat pusat perkantoran atau universitas. Di lingkungan ekspatriat, dan lingkungan kampus adalah lokasi yang menjanjikan Anda pendapatan besar untuk menyewakan apartemen. Ini tak lain adalah karena peminat dari penyewa apartemen ini sangat tinggi. Namun jangan sembarangan dalam memilih apartemen yang ingin Anda jadikan jantung investasi Anda. Karena belakangan ini banyak pengembang yang nekat membangun apartemen di kawasan pinggiran yang belum jelas pasarnya, sehingga alhasil apartemen tersebut jarang dilirik.

Baca juga : Cara Investasi Properti

tips investasi

Dengan tips investasi di atas, tentunya impian untuk membuka rekening tabungan untuk masa depan bagi kehidupan Anda semakin luas. Mulailah dari hal yang terkecil terlebih dahulu, untuk kemudian menjadi besar agar Anda paham dan mengerti setiap proses yang dilalui untuk melakukan investasi di bidang properti yang hampir tak memiliki celah rugi jika Anda berhati-hati dalam menjalankannya.

Source image : http://clearviewelite.com/how-to-grow-your-luxury-real-estate-business-like-a-startup/

Bisnis
Kumpulan Istilah-istilah Bisnis Properti yang Wajib Diketahui! | Pasar Properti

[ad_1] RumahCom – Apakah Anda hendak memulai bisnis properti? Jika ya, selain mempelajari strategi pemasarannya, hal yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan mempelajari istilah atau singkatan yang kerap digunakan dalam bisnis ini. Karena ternyata, tidak sedikit dari para pebisnis pemula yang belum mengetahui seluruh istilah dalam dunia …

Bisnis
6 Kiat Sukses Berbisnis Properti ala Donald Trump

[ad_1] KOMPAS.com – Donald Trump, taipan properti dunia ini kini telah sah menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) menggantikan Barack Obama. Kesuksesannya di bisnis properti telah membawa namanya melejit hingga posisinya sekarang. Namun, di balik itu semua ada beberapa hal yang membuat Trump bisa mendapatkan segalanya, termasuk karir sukses di bisnis …

Investasi
Investasi Emas Melalui Komunitas, Bonus Silaturahmi

  TEMPO.CO, Bandung – Dua tahun lalu, Dewi Intan, 43 tahun, menerima ajakan sahabatnya, Santy Sriharyati, untuk mengikuti arisan emas. Niatnya sederhana: membayar uang masuk sekolah anak-anaknya. “Saya sudah ikut arisan emas yang kesembilan. Sekarang saya lebih ke menyimpan dana,” kata Intan ketika ditemui di Restoran Centropunto, Bandung. Intan menuturkan …