TIPS LARIS: Ingin Perbanyak Jaringan dalam Bisnis? Lakukan 4 Hal Ini : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Ketika memulai sebuah bisnis, Anda harus membangun jaringan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jaringan ini penting Anda miliki agar produk atau jasa yang Anda tawarkan nantinya dapat diterima dan mendapat dukungan dari jaringan yang Anda miliki.

Jaringan yang Anda miliki adalah aset berharga untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mulai mendata jaringan yang Anda miliki untuk dapat menjadi partner atau sasaran bisnis Anda.

Bahkan, jaringan yang Anda miliki bisa berkembang menjadi komunitas yang dapat mendukung perkembangan bisnis Anda. Komunitas ini pun dapat terus Anda kembangkan hingga menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

Lantas, apa yang perlu Anda lakukan untuk menjaga hubungan saling menguntungkan dengan jaringan yang Anda miliki. Melansir laman entrepreneur, berikut adalah 4 hal yang perlu Anda lakukan:

1. Berikan Sesuatu Sebanyak yang Anda Dapatkan

Anda perlu benar-benar menjaga hubungan dengan rekan atau jaringan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki suatu pengetahuan, jangan segan untuk membaginya dengan jaringan Anda agar Anda memiliki pemahaman yang sama.

Selain itu, Anda juga jangan berpuas diri dengan kepemimpinan atau pemahaman Anda tentang dunia. Carilah rekan yang dapat mengembangkan diri Anda dan potensi Anda dalam berbisnis.

2. Kenali Lingkungan

 

Anda perlu mengenali semua pihak pada lingkaran sekitar Anda. Tak hanya teman, Anda juga harus mengenal siapa pesaing Anda dalam berbisnis.

Sebab, bisa jadi informasi yang dimiliki oleh pesaing bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan bisnis. Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga hubungan erat dengan sesama pebisnis lainnya.

Terkadang, lawan bisnis sekalipun bisa membawa keuntungan bagi Anda. Untuk itu, Anda perlu menjaga hubungan baik dengan siapa pun.

3. Selalu bertanya, “Bagaimana saya bisa membantu Anda?”

Ajukanlah pertanyaan yang membuat rekan Anda begitu merasa dihargai. Sebagai pimpinan bisnis, Anda tetap harus membumi kepada siapa pun.

Anda juga perlu menawarkan bantuan sehingga rekan Anda dapat berkembang untuk membantu bisnis Anda. Dengan begitu, impian kesuksesan bisnis Anda bisa tercapai.

4. Jangan Abaikan Hal-Hal Kecil

Perlu diingat, jangan pernah mengabaikan hal-hal kecil dalam pengembangan bisnis Anda, termasuk ketika Anda ingin menjaga hubungan baik dengan tekanan atau jaringan yang Anda miliki.

Kuncinya adalah memperlakukan orang yang memiliki hubungan bisnis dengan Anda seperti hubungan sebagaimana mestinya. Bagikan hal-hal menyenangkan yang Anda tahu tentang mereka.

Misalkan, Anda bisa saja mengajak mereka makan siang bersama atau bahkan travelling ke luar kota untuk mempererat hubungan bisnis.

Namun, satu hal yang perlu Anda ingat. Ketika membangun sebuah bisnis, Anda juga perlu menjalin hubungan baik dengan karyawan. Perlakukanlah karyawan Anda sebagaimana Anda memperlakukan rekanan bisnis.

Jangan menganggap karyawan sebagai sebuah ‘mesin’ yang hanya bertugas untuk meningkatkan produktivitas demi hasrat bisnis Anda. Karyawan adalah ujung tombak perusahaan. Untuk itu, jangan bedakan perlakukan Anda pada karyawan dengan perlakuan pada rekan bisnis Anda.

https://img.okezone.com//content/2017/07/07/320/1730753/tips-laris-ingin-perbanyak-jaringan-dalam-bisnis-lakukan-4-hal-ini-pqsS84wa8x.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments