TIPS LARIS: Jalankan Bisnis Waralaba Gampang-Gampang Susah? Simak 5 Hal Ini : Okezone Ekonomi


JAKARTA – Bisnis franchise atau waralaba saat ini mulai berkembang pada berbagai daerah. Bagi Anda yang ingin memulai usaha, tak ada salahnya bisnis waralaba ini Anda coba kembangkan pada berbagai sektor.

Hanya saja, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dapat sukses pada bisnis waralaba. Pasalnya, menjalankan bisnis waralaba gampang-gampang susah. Melansir laman Entrepreneur, berikut adalah 5 hal yang perlu Anda pelajari agar bisnis waralaba Anda semakin sukses:

1. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan dalam setiap menjalankan bisnis. Pada bisnis waralaba, kepemimpinan ini menjadi faktor yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Setiap bisnis tentunya memiliki tim, staf, karyawan, dan pelanggan. Untuk itu, Anda perlu memiliki rencana pengembangan usaha yang jelas. Untuk itu, faktor kepemimpinan sangat menentukan perkembangan bisnis ini.

Anda harus memiliki kemampuan manajemen organisasi. Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami sektor lainnya seperti teknologi dan keuangan dalam menjalankan bisnis Anda. Ikutilah bebagai pelatihan untuk memperkaya pengalaman dan ilmu pengetahuan Anda.

2. Keuangan

Keuangan adalah tulang punggung pada sebuah bisnis. Pada sektor keuangan, Anda tak hanya harus berfikir pada seberapa banyak dana yang Anda habiskan, tapi seberapa banyak manfaat yang akan Anda terima.

Mulailah mempelajari akuntansi, laporan keuangan, dan pengelolaan keuangan yang baik. Teknologi juga dapat Anda gunakan untuk mempermudah hal ini.

Pada bisnis waralaba, Anda tentunya harus menjalin hubungan bisnis dengan pihak eksternal. Untuk itu, laporan keuangan yang baik akan sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda.

3. Operasional

Operasional bisnis tidak selalu dapat dikembangkan secara manual. Anda harus benar-benar memanfaatkan perkembangan teknologi pada bisnis ini.

Misalkan, Anda bisa saja menggunakan aplikasi berbasis android bagi para konsumen untuk dapat memesan produk yang Anda jual. Kerjasama dengan berbagai pihak pun juga perlu Anda lakukan agar bisnis Anda semakin dikenal.

4. Pemasaran

Pemasaran adalah tantangan terbesar dalam bisnis. Teknologi yang telah menjadi bagian dari pemasaran pun harus benar-benar Anda kuasai jika ingin sukses mengembangkan bisnis Anda.

Hanya saja, perkembangan teknologi terkadang justru menjadi hambatan bagi Anda yang masih belum mengerti untuk menggunakannya. Untuk itu, Anda perlu memahami dan menggunakan teknologi dalam hal pemasaran agar bisnis Anda tidak kalah saing dengan pebisnis lainnya.

5. Teknologi

Teknologi kini telah menjadi suatu standar setiap bisnis. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda perlu menguasai teknologi pada berbagai sektor.

Hanya saja, Anda harus tetap memerhatikan core business Anda dan menjadikan teknologi sebagai pendukung utama.

Mulailah belajar mengembangkan teknologi pada berbagai sektor. Dengan begitu, bisnis waralaba yang Anda miliki dapat semakin berkembang.

https://img.okezone.com//content/2017/07/14/320/1736617/tips-laris-jalankan-bisnis-waralaba-gampang-gampang-susah-simak-5-hal-ini-O4pyi7kbea.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments