Tips Membangun Bisnis Meski Sambil Bekerja

Bisnis

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta – Di zaman yang serba mahal saat ini banyak orang yang berlomba-lomba membuat beragam ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan bagi mereka yang sudah bekerja sekalipun, banyak pula yang membangun bisnis untuk menambah pemasukan sehari-harinya.

Membangun bisnis tentunya membutuhkan fokus yang total sehingga bisnis yang dijalankan dapat lancar. Namun bukan berarti jika bekerja, Anda tidak dapat memiliki bisnis apapun. Saat ini malah banyak sekali pengusaha-pengusaha bisnis yang sukses meskipun sekaligus bekerja sebagai karyawan.

Untuk menjalankan kedua hal tersebut tentunya anda harus pintar-pintar dalam mengelola waktu.  Berikut beberapa keuntungan membangun sebuah bisnis meskipun tetap bekerja sebagai karyawan seperti dikutip dari Cermati.com:

Dapat menambah penghasilan

Jika terkena PHK dan semacamnya, Anda dapat langsung beralih pada bisnis yang sedang dibangun
Dapat memperbanyak koneksi rekan-rekan bisnis.

Melatih kemampuan dan kreatifitas

Bagi yang tertarik untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

Tentukan bidang bisnis yang tepat

Tentunya hal pertama yang harus lakukan adalah memilih bidang bisnis yang tepat untuk dijalankan. Apalagi jika Anda seorang karyawan perusahaan dengan tingkat kesibukan yang tinggi, tentunya hal ini akan sangat membingungkan.

Bila memaksakan untuk melakukan keduanya, maka bisa saja Anda bisa kehilangan pekerjaan dan bisnis yang dibangun itu. Untuk itu, akan lebih baik jika memilih bisnis yang paruh waktu sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal Anda.

Untuk membuat pekerjaan lebih mudah, Anda dapat memilih bidang bisnis yang memang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Membuat perizinan

Membuat perizinan

Bisnis apapun yang dibangun tentunya membutuhkan perizinan ketika akan memulainya. Gunakan perizinan yang legal seperti pajak, asuransi, dan lainnya yang dapat melindungi bisnis Anda secara hukum`

Jangan menggunakan modal awal yang besar

Sebagai awalan untuk membuka bisnis, sebaiknya hindari untuk menggunakan modal yang besar. Apalagi bagi yang masih baru dan belum terlalu paham masalah bisnis, tentunya bisa saja mengalami kerugian akibat pemakaian modal yang tidak tepat. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan modal yang tidak terlalu besar untuk memulai sebuah bisnis.

Memahami kontrak kerja di perusahaan Anda

Cobalah untuk memahami terlebih dahulu kontrak kerja yang berlaku di perusahaan Anda. Seperti waktu libur serta hal-hal penting lainnya. Hal ini dapat membantu untuk menyesuaikan dengan kegiatan bisnis Anda.

Selain itu, sebaiknya bangun bisnis yang berbeda dengan pekerjaan karena hal ini dapat membuat Anda terkesan sebagai kompetitor perusahaan sendiri.

Tetap menjaga reputasi baik di kantor

Meskipun sudah memiliki bisnis, namun Anda tetap bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Maka dari itu, tetaplah bersikap baik pada pemimpin perusahaan serta karyawan-karyawan di dalam perusahaan.

disiplin

Bersikap disiplin

Meski bisnis yang dibangun merupakan bisnis sendiri, namun tetap saja diperlukan kedisiplinan dalam menjalankannya agar kedepannya bisnis anda dapat berjalan dengan lancar. Banyak karyawan yang gagal membuka usaha atau bisnis sendiri dikarenakan tidak bisa disiplin dalam membagi waktu.

Untuk itu, terapkan selalu sikap disiplin baik dalam bekerja maupun dalam berbisnis agar pekerjaan keduanya dapat terselesaikan dengan baik.

Membuat jadwal

Untuk membantu anda agar lebih disiplin, cobalah membuat jadwal yang berkala tentang antara waktu untuk bekerja dan berbisnis. Anda dapat membuatnya secara perhari, perminggu, ataupun perbulan. Sesuaikan jadwal kantor dengan urusan bisnis.

Jadwal ini akan sangat membantu untuk menghindari terjadinya tabrakan waktu diantara keduanya. Misalnya saja Anda dapat membuat jadwal saat hari libur sebagai waktu untuk mengurus bisnis.

Menyiapkan orang kepercayaan

Agar terjadi keseimbangan antara bisnis dengan pekerjaan kantor, Anda dapat menyiapkan orang yang bisa dipercaya untuk mengelola bisnis ketika sedang bekerja.

Bila bisnis yang dijalankan mulai berkembang, Anda dapat mulai merekrut seorang admin, manajer pemasaran, dan lainnya yang memang berkaitan dengan kelancaran bisnis Anda.

Kesimpulan

Meskipun menjalankan usaha sambil bekerja terlihat susah, namun anda dapat menjalankannya dengan mudah asalkan terdapat niat dan kemauan yang tepat.

Selain itu, kunci utama dari kesuksesan keduanya adalah disiplin yang tinggi dalam pembagian waktu keduanya. Tips-tips di atas dapat digunakan untuk membantu kelancaran bisnis serta pekerjaan Anda.

 

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1542111/big/080449100_1490004219-093557600_1457320531-10-Steps-to-Starting-a-Business-While-Working-Full-Time.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Toko Bunga Jakarta Online Murah Terpercaya

Selamat Datang di Website Kami: toko bunga jakarta online murah Menyediakan Berbagai Macam Bunga, Papan Bunga, Bunga Meja, Bunga Berdiri, Bunga Bouqet Tangan dll. Model papan bunga dengan kombinasi warna biru kuning hijau juga merupakan salah satu dari banyak model favorit di klien kami. pesan untuk dewan berkabung. Bouquet Flower …

kontraktor kaca dan aluminium composite panel
Bisnis
Spesialis Kontraktor Aluminium Composite Panel Gedung

Fasad & Dinding Tirai dari Aluminium Composite Panel Ringan dan kaca stopol. Spesialis kontraktor kaca dan aluminium composite panel dan juga kaca oleh PT Partindo. Akreditasi jaminan tertutup pasti akan diberikan untuk proyek yang membutuhkan berdasarkan panel serta persyaratan naungan yang memanfaatkan ditambah masalah lingkungan. Aplikasi Alcopan tidak terbatas pada …

daftar harga beton cor ready mix
Bisnis
Harga Beton Cor Readymix Per M3 untuk Wilayah Jakarta

Biaya Beton Semua Set Mix – Jayamix Per M3 Cor K225 Oktober 2017. daftar harga beton cor ready mix tidak terdiri dari jaringan uang tunai, jika lebih besar dari 10 pipeline. Dengan menyewakan pompa berdasarkan tuntutan waktu pemakaiannya bisa mencegah bahaya peralatan menganggur namun tetap perlu membayar uang sewa. Biaya …