Tips Menemukan Ide Bisnis yang Unik dan Kreatif : Okezone Ekonomi


BERBISNIS memang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Terutama jika baru sebatas rencana atau memulai dari awal. Terdapat berbagai alasan tentang mengapa seseorang terkadang menemukan kesulitan untuk memulai sebuah usaha atau bisnis yang baru.

Selain alasan klasik seperti terbatasnya modal, alasan lain yang juga penting adalah karena belum menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif. Tidak sedikit pebisnis memulai usaha secara langsung tanpa perencanaan dan ide bisnis yang matang, sehingga justru permasalahan yang mereka temui, seperti usahanya sepi akan pembeli dan berakhir pada gulung tikar alias bangkrut. Tentu hal tersebut bukan yang diinginkan.

Menurut riset, bisnis yang muncul dari ide unik dan kreatif yang matang lebih berpotensi menghasilkan peluang besar dibandingkan dengan bisnis yang asal dibentuk. Terutama saat kondisi ekonomi seperti sekarang ini di mana daya beli masyarakat menurun jauh sedangkan harga kebutuhan sehari-hari terus melonjak naik. Sehingga Anda membutuhkan ide bisnis yang benar-benar unik dan kreatif agar tetap bisa berjalan meskipun di masa-masa kritis.

Riset Produk dan Bisnis

Riset produk atau bisnis adalah hal yang perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa produk tersebut nantinya mendapat tempat di pasaran. Riset tersebut dapat dilakukan melalui internet dan dengan mudah Anda bisa menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif.

Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci tertentu mengenai ide yang dipikirkan, lalu tekan tombol enter dan akan muncul berbagai macam produk sejenis atau yang berhubungan dengan ide bisnis Anda.

Melalui penelusuran atau riset tersebut, Anda dengan mudah dapat memadukan beberapa produk atau bisnis yang telah ada dan meraciknya kembali menjadi sesuatu hal yang baru. Tentunya menjadi sebuah ide yang unik dan kreatif. Melalui internet, Anda juga bisa memastikan apakah ide yang telah didapat itu masih orisinal atau sudah ada yang memilikinya.

Belajar dari Kesuksesan Bisnis Lain

Kita bisa belajar banyak hal dari kesuksesan bisnis orang lain. Mereka yang bisnisnya telah sukses, pasti memiliki keunggulan tertentu. Setelah mengetahui berbagai keunggulannya, Anda bisa mulai membangun ide bisnis baru yang sejenis tetapi dengan sentuhan nilai tambah yang membedakan ide Anda dengan yang asli.

Terapkan konsep ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Ketika sedang pergi berjalan-jalan, apa yang Anda temui bisa menjadi ide yang tepat jika mampu memodifikasinya. Jadi sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk menemukan ide bisnis yang unik dan kreatif. Justru kesulitan tersebut akan ditemui ketika Anda baru mulai menjalankannya hingga bisa sukses atau bersinar di pasaran.

Inspirasi dari Permasalahan Diri Sendiri

Permasalahan yang kita alami bisa jadi inspirasi yang mendorong munculnya ide bisnis yang unik dan kreatif. Contohnya adalah kemunculan ide untuk membuat aplikasi Go-Jek. Nadim Makarim selaku founder aplikasi tersebut pernah mengatakan bahwa idenya tersebut muncul kala ia mengamati ojek langganannya harus nongkrong dalam waktu yang cukup lama hanya untuk menunggu penumpang.

Dari permasalahan tersebut, kemudian muncullah sebuah ide untuk menjadi solusi yang tepat dalam mengatasi suatu masalah. Bahkan mungkin bukan hanya kita yang memiliki masalah itu, tetapi juga orang lain. Dan ketika Anda mengembangkan ide tersebut, justru menjadi jalan keluar bagi banyak orang. Seperti halnya GO-Jek yang kini telah menyebar luas di beberapa wilayah di Indonesia.

https://img.okezone.com//content/2017/04/29/320/1679230/tips-menemukan-ide-bisnis-yang-unik-dan-kreatif-gfO7LMj7AY.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments