TREN BISNIS: Industri Selendang Jadi Anak Tiri hingga 244 Proyek Strategis Diajukan : Okezone Ekonomi

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA – Industri sandang atau fesyen, selama ini selalu erat kaitannya dengan baju, tas, sepatu dan aksesori. Namun ada satu bidang menjanjikan yang selalu luput dari perhatian yaitu kaus kaki. Padahal, pasar kaus kaki di dalam negeri bisa menghasilkan pundi-pundi yang berlimpah.

Pembayaran ganti untung lahan terdampak Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) membawa angin segar bagi kalangan perbankan. Di Kulonprogo, kini dana pihak ketiga (DPK) mengalami peningkatan signifikan, bahkan cenderung berlebih.

Kepala Cabang Nasmoco Janti Agus Partono mengakui ada peningkatan penjualan unit mobil Toyota dari Nasmoco. Hanya, peningkatannya sekitar sebulan setelah pencairan dana ganti untung lahan terdampak bandara. Peningkatannya pun tidak begitu besar karena hanya di bawah 10%.

Ketiga berita tersebut, menjadi berita-berita yang banyak menarik minat para pembaca di kanal bisnis Okezone.com. Untuk itu, kembali disajikan berita-berita tersebut secara lengkap.

Jarang Dilirik Pebisnis, Namun Hasilkan Rp10 Triliun Per Tahun

Industri sandang atau fesyen, selama ini selalu erat kaitannya dengan baju, tas, sepatu dan aksesori. Namun ada satu bidang menjanjikan yang selalu luput dari perhatian yaitu kaus kaki. Padahal, pasar kaus kaki di dalam negeri bisa menghasilkan pundi-pundi yang berlimpah.

“Hanya masyarakatnya yang belum menyadari, bisnis kaus kaki kalau bicara nominal yang mencapai angka triliun. Karena apa? Jumlah penduduknya yang mencapai 250 juta orang, dan kebanyakan dari mereka pasti membutuhkan kaus kaki,” ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Kaus Kaki Indonesia Aman Suparman di kantornya Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Sejauh ini, kebutuhan kaus kaki di dalam negeri baru tersuplai 70%. Sementara ini, pasar kaus kaki Indonesia diprediksi mencapai Rp10 triliun per tahun, dengan rata-rata kebutuhan mencapai satu miliar pasang. Untuk 30% kekurangan pasokan selalu dipenuhi produk impor dari Cina.

“Kebutuhan satu miliar pasang itu dengan asumsi bahwa penduduk Indonesia ada 250 juta jiwa dan setiap orang membutuhkan ratarata empat kaus kaki per bulan,” katanya.

Fenomena bisnis yang tak kalah unik, lanjut dia, kini wanita muslim bukan hanya menjadikan kaus kaki sebagai bagian penting dari pakaian penutup aurat, tetapi juga bagian dari gaya hidup. Dia mengatakan, saat ini banyak di antara mereka yang menyelaraskan warna busana, kerudung, dan kaus kaki.

Namun demikian, tren penggunaan kaus kaki di Indonesia belum sebesar Korea dan Jepang. Di dua negara tersebut kaus kaki adalah bagian penting dari kelengkapan pakaian, mulai dari bayi hingga usia lanjut. “Pasar di sana sangat besar karena kaus kaki adalah budaya. Di sana kaus kaki laku keras. Akan tetapi, karena populasi Indonesia besar, di sini juga pasar kaus kaki tergolong besar,” kata Aman.

Wakil Ketua Kadin Bidang Kemitraan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Iwan Gunawan mengatakan, permintaan kaus kaki Indonesia di pasar ekspor juga cukup besar.

Harga kaus kaki produksi Indonesia di pasar Brunei Darussalam bisa mencapai lima kali lipat harga pasar Indonesia. “Kebanyakan impor kaus kaki itu dari Tiongkok, makanya kan ada yang sampai murah banget, potensi pasar kaus kaki di Indonesia terhitung besar, mengingat semua kalangan pasti pakai,” jelasnya.

Iwan yang juga produsen kaus kaki berlabel Soka bercerita, di Bandung, kaus kaki halal pertama lahir dengan label Soka. Berlokasi di Ruko Puteraco Gading Regency, kaus kaki ini mengusung bahan natural dari serat bambu serta katun combat yang diolah tanpa kandungan senyawa hewani yang diharamkan menurut Islam. Label halal ini pun sudah dihalalkan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI).

TREN BISNIS: Industri Selendang Jadi Anak Tiri hingga 244 Proyek Strategis Diajukan

https://img.okezone.com//content/2017/04/06/320/1661019/tren-bisnis-industri-selendang-jadi-anak-tiri-hingga-244-proyek-strategis-diajukan-NnKkLoAvey.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …