Trik Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan

Bisnis

[ad_1]

JAKARTA, KOMPAS.com – Anda mungkin sudah sering mendengar kisah sukses wirausaha yang berhasil membangun bisnis bersama pasangannya. Membangun bisnis dengan pasangan mungkin bukan ide terbaik bagi sebagian kalangan.

Banyak kalangan yang menilai, berbisnis dengan pasangan rentan konflik karena silih berganti peran sebagai pasangan dan sebagai rekan profesional.

Tapi, faktanya di lapangan banyak pasangan suami istri yang berhasil membangun bisnis yang gilang gemilang.

Kisah sukses terakhir terungkap dari Sugeng Riyadi yang sukses membangun bisnis oleh-oleh khas Betawi bersama sang istri hingga mencetak omzet ratusan juta rupiah.

Anda tertarik juga? Membangun bisnis bersama pasangan sebenarnya sama saja dengan berkongsi dengan partner lain.

Perbedaannya hanyalah pada, partner bisnis Anda kebetulan juga berstatus sebagai pasangan Anda di kehidupan sehari-hari.

Supaya niat Anda membangun bisnis bersama pasangan bisa berjalan mulus, perhatikan beberapa tips penting berikut ini:

Sepakati tujuan bersama

Hal utama dan pertama yang perlu Anda pastikan adalah kesamaan tujuan bersama, termasuk visi dan misi bisnis yang hendak Anda bangun bersama pasangan. Bila tujuan dan visi misi sudah jelas dan menjadi kesepakatan yang bulat, membangun bisnis akan lebih mudah.

Bersikap profesional

Ini mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi partner bisnis berstatus suami istri. Sebagai pasangan, Anda berdua tentu memiliki kedekatan yang tak terbantahkan lagi.

Kedekatan ini bisa menjadi modal yang memudahkan Anda berkomunikasi dan memahami satu sama lain sebagai rekan bisnis. Namun, kedekatan tersebut juga rentan membuat profesionalisme meluntur.

Cara mengatasi jebakan ini adalah, Anda berdua perlu keterbukaan untuk mengungkap kapan Anda berlaku sebagai partner bisnis dan kapan Anda bertindak sebagai pasangan.

Dengan keterbukaan dan komunikasi, masing-masing orang bisa selalu berbesar hati ketika menerima kritik dan berupaya maksimal memberikan kontribusi atas kemajuan bisnis.

Demikian juga ketika ada permasalahan di rumahtangga, bersikaplah profesional dengan tidak mencampurkannya dengan urusan bisnis.

Berbagi peran dengan jelas

Lakukan pembagian peran yang jelas antara Anda dan pasangan dalam lingkup bisnis bersama. Berbagi peran yang jelas akan memudahkan Anda dan pasangan untuk fokus pada peran dan tanggungjawab masing-masing dalam bisnis.

Misalnya, Anda bertindak mengurus operasional dan produksi. Sedangkan pasangan kebagian mengurus pemasaran dan pengembangan bisnis.

Jangan lupakan peran sebagai pasangan

Anda dan pasangan mau tidak mau harus pandai-pandai bertukar-tukar peran antara sebagai pasangan dan sebagai partner bisnis. Walau kelak Anda begitu sibuk dengan tanggungjawab Anda sebagai wirausaha, jangan lupakan tanggungjawab Anda sebagai pasangan dari seseorang.

Dengan demikian, potensi-potensi permasalahan yang menghambat perkembangan bisnis bisa diminimalisasi.

http://assets.kompas.com/crop/0x0:780×390/780×390/filters:watermark(data/photo/2017/02/01/42081130591.png,0,-0,1)/data/photo/2013/10/10/1023203shutterstock-54250378780×390.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Bagi Klien Yang Berposisi Di Luar Kota Serta Hendak Memperoleh Anjangsana Dari Kami Tentu Dikenakan Biaya Lawatan, Transport Dan Fasilitas, Dimana Biayanya Dijamin Sepenuhnya Oleh Konsumen.

mengapa jaga rumah pakai kontraktor bangunan lebih hemat & laba ini sporadis pun masih saja timbul walaupun pada pekerjaan dari anemer paling ahli sungguhpun. servis seo page one (jspo) merupakan sebuah industri servis seo patut dan terunggul di indonesia yang sungguh handal dan paling di percaya di dalam kondisi promosi …

Bisnis
Dengan Tampaknya Harga Konsultan Interior Rumah, Para Kontraktor, Perseroan Real Estate, Atau Lebih-lebih Bisa Jadi Perseorangan Bisa Menyebabkan Rumah Seperti Dengan Impian Dan Juga Budget.

servis konsultan interior paling baik dengan design kitchen set minimalis jakarta kami mampu memberikan harga termurah untuk harga kitchen set jakarta yang ter cepat, terpercaya serta jempolan. sehabis kalian menyebabkan ketentuan untuk mendandani bilik dapur rumah kalian, tahap pertama yang perlu kalian lakukan yakni mengambil buah pikiran berhubungan dapur kayak …

Bisnis
Itulah Apa Sebabnya Suatu Sofa Bilik Pengunjung Wajib Sebagai Sempurna Terintegrasikan (lebur) Pada Ruangan.

set kamar untuk anak terunggul yang di makna kamar patung kayu set minimalis hpl di sini merupakan segala deretan atau finisingnya kita sekalian mengenakan banjar maupun melekat hpl. di dalam produk ini kita menggunakan tumpukan hpl taco bagai finisingnya, supaya pun begitu saya dan teman-teman pun menyajikan finising menggunakan cat …