Uang Boleh Hilang, Naluri Bisnis Jangan. . . Beginilah Jatuh Bangun Djohan Berwirausaha

Bisnis

[ad_1]

MEDAN, TRIBUN – Para penikmat kopi di Kota Medan-Sumatera Utara tentu pernah atau bahkan sering menyeruput kopi di warung-warung kopi di kota metropolitan nomor tiga di Indonesia ini.

Di antaranya mungkin Anda pernah menyambangi kedai kopi milik Salimin Djohan Wang, seperti Kedai Kopi ONG yang berada di kawasan Jl. Dr Mansyur, Medan. Kedai kopi ini adalah kedai kopi pertama rintisan Djohan demikian Salimin Djohan Wang akrab disapa. Kini, kedai kopi Djohan sudah beranak-pinak di beberapa penjuru Medan. Ia melebarkan usaha kedai kopinya di kawasan Jl. Kapten Muslim, dan Jl. Setia Budi, Medan.

Bermula dari semangat mencari jati diri dan bangkit dari kegagalan, Djohan mencoba peruntungannya di bisnis kopi.

“Dahulu saya itu kerja dengan orang, bahkan sudah sempat menjabat sebagai Wakil Branch Manager satu perusahaan industri pengolahan terbesar di Indonesia. Namun entah kenapa saya merasa diri saya tidak bisa maksimal di sana. Saya pikir mungkin saya akan lebih baik lagi apabila berwirausaha,” ucap Djohan meceritakan kisahnya kepada Tribun/www.tribun- medan.com, Rabu (15/2) di Kedai Kopi ONG.

Karena kegundahan hatinya tak terbendung, akhirnya pria tamatan IPMI International Business School di Jakarta ini berani mengambil langkah keluar dari pekerjaannya yang bisa dibilang cukup mapan dan nyaman.

Perjuangan Djohan bisa sukses memperluas usaha kedai kopi yang diraihnya saat ini, bukanlah perjalanan mulus dan menyenangkan. Bisnis Djohan dulu sempat gulung tikar. Ia hingga menjadi pengangguran yang tak berarah lebih setengah tahun. Namun jiwa bisnisnya tak mudah menyerah. Ia bangkit dan mulai bekerja sama lagi dengan seorang pengusaha Jepang sebagai distributor alat penyaring air. Ia dipercaya sebagai distributor dariYamaha Water Filter. Usaha itu dikenal dengan nama Djohan Water Filter yang berkembang hingga saat ini.

“Dari usaha water filter inilah, saya sedikit demi sedikit berkembang dan mendapatkan modal saya kembali, untuk berwirausaha lagi,” jelasnya.

Tidak puas hanya sampai bisnis tersebut, ia mencoba peruntungan pada bisnis kos-kosan. Tanpa berpikir terlalu panjang, ia pun membeli sebuah rumah di kawasan Jl. Dr Mansyur dengan ukuran standar. Ia merenovasi rumah tersebut menjadi dua tingkat hingga berhasil meraup segmen mahasiswa-mahasiswi kuliah di area tersebut.

Dari sinilah temannya menawarkan ide untuk tidak menyia-nyiakan lantai satu kos-kosan miliknya. Kemudian, ia menyunlap tempat itu sebagai kedai kopi bekerja sama dengan temannya.

Usaha kopi tiamnya ini hanya mampu bertahan sekitar setahun. Join bisnisnya mundur karena pendapatan seret. Hingga akhirnya kedai kopi tersebut tutup.

“Saya langsung mengambil langkah untuk berdiam sejenak dan merenung kurang lebih sebulan. Apa yang salah dengan usaha saya?,” Djohan mengenang.

Dari perenungannya, Djohan menyadari ia bukan seorang penikmat kopi sejati dan tak tahu apa-apa tentang kopi. Akhirnya ia harus menceburkan diri ke dunia perkopian dan menekuni bidang tersebut. Ia mulai berselancar di dunia maya, meyeruput beragam jenis kopi-kopi yang dijual, bahkan memesan beberapa jenis kopi terbaik. Kelamaan, Djohan semakin menyukai dunia kopi. Ia belajar meracik-racik kopi sendiri dan berkeliling untuk mensurvei sejumlah kedai kopi di tanah air.

Berbekal semua itu, akhirnya Djohan menengguk sukses dari kedai-kedai kopi yang didirikannya. Omset kedai-kedai kopinya per hari minimal Rp 1 juta sampai Rp 5 juta.
Satu kalimat diungkapnya, “Uang boleh hilang, tapi naluri bisnis tidak boleh hilang”. (cr3)

http://cdn2.tstatic.net/medan/foto/bank/images/repvblik_kopi_20160910_131348.jpg

[ad_2]

Sumber Artikel

Bisnis
Minta Ampun Bakal Ketika Ini Webkonseling Hanya Menyediakan Layanan Dialog Melewati Email.

bakal itu diperlukan pemberian supaya daya kegiatan yang tampak bisa lebih terlalu banyak dan juga sepertinya lebih pakar di sendiri-sendiri bagian serta meninggikan kapasitas yang ada. jadi konsultan psikolog jakarta pada kesimpulannya saya memutuskan buat mendaratkan ke psikolog akibat saya mau bersemayam di situ serta saya bisa melangsungkannya, dengan cara …

Bisnis
jasa belanja ebay, amazone dan lain-lain (hemat dan terpercaya)

jasa belanja ebay-terlihat sebelah perkara apa sebabnya orang atau industri tidak dapat membeli lagi perkakas dari luar negeri. shopher diharuskan memilah 1 saham untuk dapat menyandang produk yang terdapat di website ebay. yaiu, sdm indonesia yang betul-betul menduduki prosedur e-commerce ini selaku ensiklopedis. selain itu kamu pula bakal meraih pertanda …

Bisnis
Jasa Pembelian Barang Di Ebay

Cara Belanja di eBay sebenarnya sangat mudah, cocok sekali bagi anda yang sibuk dan lebih suka berbelanja secara online. Pembayaran di amazon biasanya melalui kartu kredit, kupon diskon atau kartu pembayaran amazon yg bisa dibeli sebelum berbelanja…proses pembayaran seperti biasanya toko online, hanya memasukkan data pembayaran mis kartu kredit atau …