Usaha Titip Beli: Bisnis Berbasis Online dengan Untung Besar : Okezone Ekonomi


MENJAMURNYA sistem belanja online di tengah masyarakat memunculkan ide-ide bisnis baru yang dapat digeluti. Salah satunya adalah munculnya bisnis usaha titip beli yang kini tengah popular di dunia maya.

Usaha titip beli dikenal juga dengan istilah pebelanja pribadi atau personal shopper. Yang menarik dari usaha ini adalah keuntungannya yang besar dengan modal usaha yang tidak terlalu besar. Hal ini membuat siapa saja bisa ikut serta menjadi personal shopper.

Pekerjaan personal shopper juga terbilang mudah, Anda hanya membeli barang-barang titipan pemesan lalu mengirimnya ke pemesan dengan tambahan tarif titip beli dan ongkos kirim. Untuk Anda yang tertarik dengan bisnis ini, simak beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis titip beli.

Pahami Bagaimana Konsep Dasar Jasa Titip Beli

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui prinsip dasar dari bisnis jasa titip beli. Artinya, pahami benar bagaimana cara kerja dan aturan main dari bisnis ini. Pada dasarnya, Anda sebagai personal shopper akan membelikan pesanan dari pelanggan kemudian mengirimkannya ke pelanggan.

Buatlah aturan-aturan perbelanjaan agar saling memudahkan antara Anda dan konsumen. Misalnya apakah uang harus ditransfer terlebih dahulu atau tidak sebelum membeli. Jika harus ditransfer apakah konsumen harus mengirim penuh atau hanya beberapa persen dari harga barang sebagai uang muka.

Sikap keterbukaan juga dibutuhkan dalam hal ini, Anda harus terbuka mengenai harga asli barang dan ongkos kirim yang berlaku. Selain itu, tentukan tarif untuk penitipan untuk setiap barangnya, biasanya tarif dikenakan per item.

Tentukan Jenis Produk dan Target Pasar

Sebelum memulai menjadi personal shopper, tentukan terlebih dahulu target pasar dari produk yang akan Anda pasarkan. Artinya, Anda akan mengerucutkan jenis pilihan produk yang akan dibeli, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk membuka jasa titip beli untuk barang di luar katalog. Hal ini bisa bergantung pada permintaan pasar.

Contohnya, Anda hanya ingin menjadi pembeli personal jenis-jenis pakaian, maka tentukan juga target pasar Anda, apakah pakaian yang dimaksud hanya pakaian orang dewasa atau untuk anak-anak, atau untuk segala umur. Hal ini juga berguna untuk menentukan cara promosi Anda nantinya.

Buat Kanal Pemasaran Semenarik Mungkin

Bisnis titip beli merupakan bisnis yang berbasis online dan menggunakan sosial media sebagai medium untuk memasarkan produknya. Media sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis ini adalah Instagram.

Oleh karena itu, yang perlu dilakukan adalah membuat tampilan Instagram yang diigunakan untuk bisnis ini semenarik mungkin dengan mengunggah foto atau gambar produk dengan kualitas bagus dan mengundang daya tarik orang banyak. Hal ini dilakukan karena Instagram berfungsi sebagai katalog.

Selain itu, manfaatkan juga sosial media lain untuk media promosi, misalnya pada Facebook dan Twitter atau aplikasi berbasis chat seperti Line, Whatsapp dan BBM. Namun perlu diingat untuk tetap memasukan link yang terhubung ke Instagram agar calon konsumen memiliki akses ke katalog Anda.

Cara Tahu Info Event

Sebagai personal shopper, wajib mencari tahu info event-event yang berpotensi menjual barang-barang yang sesuai dengan target pasar dan pilihan produk Anda. Hal ini dilakukan karena pada event-event tertentu suatu barang akan dijual dengan harga murah. Misalnya, jika pilihan produk Anda adalah buku, maka sering-seringlah datang ke pameran buku.

Banyak diskon dan promo yang akan didapatkan dalam suatu event produk tertentu. Tentu saja ini sangat menguntungkan sebab barang yang dibeli akan lebih murah. Selain itu, dalam suatu event pilihan varian produk pun akan semakin banyak.

Anda bisa mencari tahu info event terkini di website-website penyedia informasi. Selain itu, pada saat ini, informasi seperti itu bisa didapatkan lewat media sosial.

Berikan Diskon

Jika bisnis titip beli yang Anda jalani sudah cukup mendatangkan untung, tidak ada salahnya untuk memberikan diskon untuk menarik perhatian pelanggan. Misalnya, untuk pemesanan lebih dari 10 item, gratis ongkos kirim.

Manfaatkan Kartu Kredit

Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan lebih dalam bisnis ini adalah dengan membeli barang dengan harga promo, kemudian menjualnya kembali dengan harga normal. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, banyak promo yang bisa dimanfaatkan.

Kartu kredit pada umumnya bekerja sama dengan merchant-merchant tertentu yang menawarkan promo menarik. Singkat kata, jika barang titipan tersedia pada merchant tersebut, Anda bisa mendapatkan potongan harga.

Sekalian Jalan-jalan

Bisnis titip beli sangat cocok bagi Anda yang gemar jalan-jalan. Selain berlibur, jalan-jalan sambil menjadi pebelanja pribadi juga menghasilkan keuntungan yang akan menambah uang jajan selama liburan.

Sebisa mungkin beritakan kepada followers di Instagram atau sosial media lain jika hendak bepergian ke suatu tempat. Dengan begitu mereka yang menginginkan barang dari tempat dimana Anda akan pergi akan mulai memesan.

https://img.okezone.com//content/2017/05/26/320/1700963/usaha-titip-beli-bisnis-berbasis-online-dengan-untung-besar-gFcaUKvy6i.jpg



Sumber Artikel

Komentar

comments