Wings Air Buka Rute Balikpapan-Mamuju, Koneksi Bisnis Terbuka Lebar


Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud. Menurutnya, ini adalah potensi. Pasalnya banyak komoditas bahan pokok yang diangkut dari Mamuju. Ini bakal sinkron dengan direct call.

“Kami akan dorong pelaku usaha yang memiliki komoditas ekspor di Sulbar (Sulawesi Barat), agar mengirim produk melalui Terminal Petikemas Kariangau (TPK). Itu sesuai dengan rencana pengelola pelabuhan membuka direct call,” terangnya.

Keinginan tersebut diawali dengan membangun kerja sama melibatkan pemerintah setempat. Khususnya bidang ekonomi. “Selama ini Sulbar salah satu daerah pemasok bahan makanan yang dikirim melalui Mamuju menggunakan kapal laut. Kerja sama ini dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan pelabuhan peti kemas Karingau,” sambungnya. 

Dengan begitu, Balikpapan tak sekadar menjadi sasaran konsumsi tapi juga berperan memberi layanan jasa. Utamanya kepelabuhanan yang bertaraf internasional. 

Tak hanya Sulbar, Palu juga menjadi daerah incaran berikutnya. Pelaku usaha setempat akan digiring melakukan ekspor melalui Balikpapan yang ditandai dengan kerja sama antar daerah. Apalagi Palu menjadi pemasok tetap salah satu bahan material.

“Konsep kerja samanya Mabalu, Mamuju-Balikpapan-Palu. Kalau ini berhasil kerja sama akan meluas ke Makassar dengan konsep Mabalu Ma,” bebernya. 

Sebagai informasi, Lion Air Group telah melebarkan sayap bisnis dengan membuka rute baru Balikpapan-Mamuju. Penerbangan perdana digelar 21 Juni, tepat saat periode mudik Lebaran.

“Rute baru ini hadir bertepatan dengan momentum mudik untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Utamanya tujuan Sulawesi Barat,” kata District Manager Ahmad Affandi.

Rute barunya akan dilayani pesawat Wings Air yang masih satu group dengan Lion Air. Dengan nomor penerbangan IW 1356 berangkat pukul 06.10 Wita dengan estimasi tiba pukul 07.05 Wita, setiap harinya. Sebaliknya, penerbangan dari Mamuju-Balikpapan pukul 13.55 Wita dengan estimasi tiba pukul 14.50 Wita. Pesawat jenis ATR ATR 72.500/600 kapasitas 72 tempat duduk.

“Tahap awal, penerbangan ke Mamuju dibuka satu kali setiap hari. Kalau marketnya terus berkembang maka secara otomatis frekuensi akan ditambah,” serunya.

Balikpapan-Mamuju pun menjadi rute pertama dan satu-satunya dari Bandara International Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. (aji/lhl/k18/fab/JPG)

http://www.jawapos.com/uploads/news/2017/06/28/wings-air-buka-rute-balikpapan-mamuju-koneksi-bisnis-terbuka-lebar_m_140746.jpeg



Sumber Artikel

Komentar

comments